19 Tahun UKM Bengkel Seni Target Capai Visi Misi

UKM Bengkel Seni Universitas Tidar mengadakan acara Pentas Perdana Gladhen 19 Bengkel Seni pada hari sabtu (05/06) lalu. Dalam acara tersebut mereka menampilkan pertunjukan teater berjudul “Pulang” karya Fariz Pepzi. Teater itu menceritakan kisah seorang pemuda dalam menghadapi perjalanan hidupnya selama ini. Menempatkan Jaka sebagai nama si tokoh utama yang  meninggalkan rumah dan Ibunya dari desa untuk merantau ke kota.
Menurut Lancar, Ketua UKM Bengkel Seni, acara teater tersebut menjadi pendorong dan contoh bagi UKM yang akan menapaki usia 19 tahun. Di usia itu seseorang akan mulai mencari jati diri yang sesuai dengan hasrat juga pemikirannya, saat sudah tersadar akan pencapaian selama ini baru teringat akan niat pulang. Menjadi pesan moral sekaligus sebagai pengingat akan seseorang mengambil langkah. “Pesan singkat dari teater kali adalah jangan sampai kepulanganmu itu menjadi sia-sia”, katanya.
“Teater Gladhen ini menceritakan seorang laki-laki yang merantau kekota mencari jati diri, berganti-ganti pekerjaan padahal meninggalkan seorang ibu yang sudah renta di desa dan saat dia letih mengahadapi hiruk pikuknya permasalahan kota dia kembali ke desa mendapati ibunya sudah tiada”, tambahnya.
Berlangsung selama 1,5 jam, acara ini dihadiri oleh Civitas Universitas Tidar, masyarakat sekitar kampus dan juga ada tamu undangan. Tamu undangan merupakan mahasiswa dari Universitas Muhammadiyah Magelang (UMM), Teater Pitoelas Universitas 17 Agustus 1945 (UNTAG ) Semarang, Institut Seni Indonesia (ISI) Yogyakarta dan juga beberapa anggota Teater Kudus, Teater Petronas, Teater Ganjil, Teater Demung Temanggung.

Setelah acara tahunan teater gladhen yang tiap tahun dilaksanakan regeneresi oleh anggota UKM, dilanjutkan dengan  peringatan Hari Jadi UKM Bengkel Seni Universitas Tidar. Tanggal 11 mei lalu UKM Bengkel Seni genap berusia 19 tahun. Peringatan ini dirayakan dengan pertunjukan besar gabungan Gladen 19,18 dan 17 berupa pertunjukan musik, tari, teatrikal dan ada pula video dokumenter. Ditambah adanya bintang tamu dari Katon Art, Penampilan mahasiswa ISI Yogyakarta serta orkes melayu.
“Di usia 19 tahun ini diibaratkan manusia pasti sudah mulai berfikir untuk rencana pencapaian cita cita. Semoga UKM Bengkel Seni dapat lebih semangat mencapai visi dan misinya juga dapat memberi pengaruh positif terhadap anggotanya, kampus, dan masyarakat”, jelasnya.
Harapan ini disampaikan juga agar nantinya UKM tersebut dapat menambah prestasi dan kesejahteraan anggota dapat terpenuhi. “Kita ikut serta dalam acara Kirab Budaya Kota Magelang ke 1112 lalu, namun saat ini akan fokus dapat kegiatan internal untuk anggota agar lebih berkembang lagi”, tambahnya. UKM ini juga berharap kedepannya dapat menjadi peserta dari acara PEKSIMIDA dan PEKSIMINAS.

UNTIDAR Seleksi Kandidat Peserta KDMI & NUDC Menuju Tingkat Provinsi.

Sesuai dengan surat edaran dari Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kementrian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Belmawa)untuk diselenggarakan Lomba Debat Bahasa Indonesia, Kompetisi Debat Mahasiswa Indonesia (KDMI) dan Lomba Debat Bahasa Inggris, National University Debating Championship (NUDC) dalam rangka peningkatan daya saing lulusan di era global.

Lomba ini bertahap dilaksanakan melalui seleksi tingkat universitas kemudian tingkat wilayah, dilanjutkan tingkat nasional dan sampai pada tingkat internasional. UNTIDAR mengadakan seleksi KDMI pada hari jumat (11/05) dan NUDC tingkat universitas tersebut pada hari sabtu dan minggu (12-13 Mei) lalu di Ruangan Auditorium UNTIDAR.

Pada Lomba Debat Bahasa Indonesia hari jumat lalu mengundang juri dari alumni mahasiswa lulusan program studi Bahasa Inggris UNTIDAR yang berkompeten dalam bidang ini. 3 orang alumni menjadi bagian dalam penilaiannya. Lomba ini diikuti oleh 5 peserta yang mewakili fakultasnya masing-masing.

Moch. Malik Al Firdaus, S.Pd., M.Pd. selaku panitia menjelaskan bahwa Lomba Debat Bahasa Indonesia ini merupakan program tahun pertama  yang  dirintis dari BELMAWA. “Lomba debat bahasa indonesia ini merupakan program perintisan pertama dari Belmawa kemenristek dikti dan dilaksanakan seluruh perguruan tinggi se-Indonesia”, jelasnya.

Bersamaan dengan KDMI juga diselenggarakan Lomba Debat Bahasa Inggris yang berlangsung selama dua hari. Peserta Lomba ini sejumlah 64 orang yang setiap fakultasnya mininal mengirimkan 2 kandidat.

Juri Lomba Debat Bahasa Inggris didatangkan dari luar sejumlah 4 orang yaitu dari Unviversitas Diponegoro, Universitas Negeri Semarang, Universitas Sebelas Maret  dan Universitas Jenderal Soedirman.

Malik menjelaskan untuk juri sengaja didatangkan dari luar yang dapat menilai dengan adil dan menjadi pemberi masukan secara umum. Penilaian debat ini disesuaikan atas dasar pengetahuan peserta dalam debat yang mengusung berbagai macam tema.

Malik mengatakan dalam lomba debat ini yang menajdi penilaian yaitu konten debat yang dibuat sesuai dengan tema. “Kita mendatangkan juri dari luar dan penilaiannya pun didasarkan atas konten debat yang dapat sesuai dengan tema. Tema didapat berdasarkan undian taip kali debat dilangsungkan, semua peserta mendapatkan tema yang berbeda-beda”, katanya.

Juara KDMI ini ditempati oleh Tim Mafroh Abdul Aziz, Fery Yanti dan Wilda Ulfiyanti perwakilan dari Program Studi Bahasa Inggris FKIP (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) pada posisi pertama dan juara dua oleh Tim Farmila Sari, Eka Darmayanti dan Restu Fahrunnisa perwakilan dari FE (Fakultas Ekonomi) sebagai peringkat keduanya.

Untuk Juara 1 NUDC oleh Tim Yusuf Yulianto dan Novia Indri Susanti dan posisi Juara 2  NUDC kali ini diisi oleh Rosydin Ma’Ruf, dengan keduanya peserta perwakilan dari FKIP (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan). Pada posisi ketiga  ditempati oleh peserta perwakilan dari FE (Fakultas Ekonomi) yaitu Tim Putri Nindiati dan Fitri Amanah juga posisi keempat oleh peserta perwakilan dari Faperta (Fakultas Peternakan) yaitu Tim Amalia Sasanti dan Adalia Natarina W.

Malik menambahkan untuk pemenang lomba debat ini nantinya masih akan terus diberi latihan dan dipersiapkan menajdi kandidat peserta lomba KDMI dan NUDC di tingkat provinsi. “Pemenang dari lomba ini akan berlanjut mengikuti lathan secara rutin untuk persiapan kedepan menjadi kandidat peserta lomba debat tingkat provinsi”, tambahnya.

Sosialisasi PHBS KSR UNTIDAR

KSR PMI Unit Untidar melakukan program Sosialisasi PHBS (Perilaku Hidup Bersih dan Sehat) pada Sabtu, 12 Mei 2018 bertempat di MI Ma’arif Nipis dan MI Giri Wetan Kecamatan Grabag. Bersama 40 anggota KSR kegiatan sosialisasi PHBS ini diikuti oleh siswa dan siswi dari kelas 1 sampai dengan 6.

Sosialisasi PHBS yang dilakukan oleh KSR PMI Untidar bertujuan untuk memberikan bimbingan mengenai hidup bersih dan sehat kepada anak-anak. Dekat dengan masyarakat dapat memperkenalkan KSR PMI Unit Untidar lebih luas. Dengan melakukan kegiatan pengabdian masyarakat ini akan menambah ilmu dan wawasan yang luas terkait dengan sukarelawan. Peran relawan KSR PMI Unit Untidar dalam kegiatan PHBS yaitu memberikan bimbingan atau cara berperilaku pentingnya sarapan pagi dan jajanan sehat. Tiap relawan dibagi ke masing-masing kelas untuk memberikan sosialisasi langsung kepada siwa.

Lomba praktik gosok gigi siswa kelas 1 dan 2

Kegiatan sosialisasi ini juga disertai tambahan lomba mewarnai dan praktik gosok gigi dengan alat dan perlengkapan yang telah disediakan bagi siswa kelas 1 dan 2. Sebelum kahir acara terdapat pembagian hadiah untuk pemenang lomba dan pemberian kenang-kenangan bagi sekolah. Setyowati sebagai Kepala Sekolah MI Nipis Kecamatan Grabag mengatakan kegiatan ini sangatlah bermanfaaat bagi siswanyadan berharap lanjutan kegiatan ini selalu berlangsung. “Kegiatan ini sangat bermanfaat bagi siswa-siswi, harapan kami semoga relawan dari KSR PMI Unit Untidar dapat sering-sering berkunjung 1 minggu sekali”, katanya.

KSR PMI Unit Untidar

Selain menjadi kegiatan rutin dari UKM KSR PMI Untidar, harapannya dapat memperluas jaringan silaturahmi di kalangan masyarakat dan membawa nama kampus lebih luas lagi. (Arni Nazira/HDN)

KSR PMI Unit Untidar Ikuti Kegiatan UNICOVS

KSR  PMI unit Untidar mengikuti kegiatan  UNICOVS (UNY National of Volunteer Skills) pada tanggal 4-6 Mei 2018 lalu. Kegiatan tersebut dilaksanakan dalam rangka memperingati Dies Natalis Universitas Negeri Yogyakarta yang ke 54.

KSR PMI unit Untidar turut serta dengan mengirimkan 1 tim terdiri dari 4 mahasiswa diantaranya Hudayati, Grace Noor R, Agnia Resi P, Vita Vidia Tami. Dalam kegiatan itu terdapat 3 rangkaian kegiatan yang dilombakan yaitu tekhnologi tepat guna, pertolongan pertama, dan pemetaan serta adanya malam pentas seni, jalan-jalan dan senam pagi.

Peserta UNICOVS dari KSR PMI unit Untidar

UNICOVS ini merupakan ajang perlombaan yang diikuti oleh 28 tim  dari 24 Universitas di Indonesia termasuk KSR PMI unit Untidar. Tujuan KSR PMI unit Untidar dalam berpastisipasi pada  kegiatan UNICOVS adalah untuk menambah keterampilan dalam bidang sukarelawan serta menjalin silhaturahmi antar KSR PMI se-Indonesia. Selain itu,dengan mengikuti perlombaan UNICOVS dapat dijadikan sebagai ajang memperkenalkan KSR PMI unit Untidar yang merupakan UKM baru di Universitas Tidar. KSR PMI unit Untidar mendapatkan penghargaan berupa trophy kategori Grade B dalam acara tersebut. (UKM KSR PMI/HDN)