PENGUMUMAN HASIL SELEKSI INTERNAL PROPOSAL PKM TAHUN PELAKSANAAN 2020

Pengumuman Perihal Penerimaan Proposal Program Kreatifitas Mahasiswa (PKM) Tahun Pelaksanaan 2020

PKM-2020-Pengumuman-Penerimaan-Proposal

Berikut Hasil Reviewnya :

Lolos Seleksi Review PKM UNTIDAR Pendanaan Tahun 2020

Buku-Pedoman-PKM-2020

Informasi tambahan :

  1. Akun dan password Mahasiswa dan Dosen Pembimbing  dapat diambil ke Saudari Dina (BAKPK) & Lili (Sekretaris Wakil Rektor 3) dengan membawa data Nama Ketua, NPM Ketua PKM, dan NIDN Dosen pembimbing.
  2. Pengambilan akun dapat diambil pada jam kerja (08.00-16.00 wib) dan maksimal pengambilan akan dilayani hingga tanggal 15 Desember 2019 pukul 16.00

HMIK UNTIDAR SALURKAN BANTUAN AIR BERSIH DI WILAYAH KABUPATEN BOROBUDUR

Kekeringan yang melanda sebagian besar wilayah Kabupaten Magelang sangat dirasakan warga. Mereka sangat membutuhkan air bersih karena air yang ada disumur sudah berwarna kuning, bahkan ada sumur yang airnya sudah tidak ada.

Tergerak dari kondisi itu, Himpunan Mahasiswa Ilmu Komunikasi (HMIK) Universitas Tidar turut membantu saudara kita yang sedang kekeringan, yaitu dengan mengirimkan tiga tengki air bersih kepada warga Dusun Sriyasan dan Dusun Karang Malang, Desa Wringin Putih, Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang, Sabtu (9/11/2019).

Ketua Hmik Untidar, Arbie Ananto mengatakan, acara Ilkom berderma ini selalu diadakan dua bulan satu kali kegiatan sosial. Biasanya kita melakukan berbagi nasi kepada para tuna wisma, namun melihat kondisi wilayah Kabupaten Magelang yang sedang kekeringan maka kami mengalokasikan Ilkom Berderma kali ini untuk berbagi air bersih.

“Berawal dari informasi masyarakat yang sedang kekeringan, kita dari HMIK Untidar berinisiatif mengumpulkan donasi. Selanjutnya, kita berkoordinasi dengan BPBD Kabupaten Magelang, untuk mengirimkan air bersih kepada desa-desa yang membutuhkan” ujarnya.

Menurut Arbie, dengan dukungan dari semua Civitas Akademika Universitas Tidar, pihaknya langsung bergerak cepat untuk mengumpulkan donasi.

“Alhamdulillah, hanya dalam waktu dua hari open donation, sudah terkumpul dana yang cukup sehingga kita bisa langsung booking dua tangki air bersih pada BPBD Kab.Magelang dan kita juga mendapatkan donasi satu tangki air bersih dari Hamba Allah” katanya.

Dengan dibantu rekan-rekan HMIK Untidar, pembagian air bersih pada hari Sabtu kemarin berjalan dengan lancar. Warga dengan tertib antri untuk mendapatkan air yang dikirim dari BPBD.

“Para warga memang sangat membutuhkan air bersih, mereka pun sangat antusias saat melihat mobil tangki air itu datang, bahkan ada warga yang mengambilkan air yang sudah berwarna kuning kepada kami untuk membandingkannya dengan air bersih, ya air yang berwarna kuning itu adalah air yang saat ini ada di wilayahnya”.

Sementara itu, Kepala Dusun Sriyasan Mahendro (31) mengatakan, terimakasih kepada HMIK Untidar yang telah membantu warganya dengan mengirimkan air bersih.

“Sebelumnya juga ada bantuan dari komunitas yang lain, dari warga daerah magelang yang airnya mereka sudah tercukupi. Karena memang saat ini kami sedang kesulitan air bersih, yang diakibatkan karena kemarau yang sangat panjang” ujarnya. (Ardiyanti Pratiwi-HMIK/DN)

SIPALPY JUARA NASIONAL FORKOM PIMPINAN FKIP SE-INDONESIA

Singkong Kepal Crispy (SIPALPY) merupakan produk mahasiswa yang terbuat dari gethuk yang dilapisi tepung panir dan dibekukan menjadi produk frozen. Produk ini lolos sebagai Juara 1 di kategori lomba kewirausahaan mahasiswa pada Forum Komunikasi (Forkom) Pimpinan FKIP Negeri se-Indonesia. Acara tersebut berlangsung pada tanggal 3-6 Oktober 2019 di Hotel Atria Gading Serpong dan UT Convention Center (UTCC).

Dilansir dari website Universitas Terbuka lomba untuk mahasiswa itu memiliki tema ‘Mengajar dengan Teknologi’ yang terbagi ke dalam empat kategori, yaitu Media dan Alat Peraga, Pembelajaran Mikro, Karya Tulis Ilmiah, dan Kewirausahaan dengan jumlah peserta yang berpartisipasi mencapai 126 peserta.

Fimarizki merupakan perwakilan dari mahasiwa Fakultas Ilmu Keguruan dan Pendidikan Unversitas Tidar (FKIP UNTIDAR) yang mengikuti lomba tersebut. Dibimbing oleh Rina Rahayu yang juga Dosen program studi Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam Jurusan Matematika dan IPA (MIPA) FKIP, serta oleh Kepala Jurusan MIPA, Ahmad Muhlisin yang ikut serta membantu persiapan dan mendampingi saat perlombaan lalu.

“SIPALPY sendiri sebelum maju ke tahap nasional pernah mengikuti ajang KBMI sebanyak dua kali dan PKM tetapi tidak lolos”, katanya.

Menurutnya , SIPALPY sebelumnya pernah ikut Kompetisi Bisnis Mahasiswa Indonesia  (KBMI) dan ajang Produk Kreatifitas Mahasiswa (PKM) tahun lalu namun tidak lolos. Lolos didanai di ajang Program Mahasiswa Wirausaha yang diadakan oleh FKIP sebanyak 2,4 juta. Dilanjutkan mengikuti lomba di jogja Dazzle Entrepreneurship 2019 namun hanya terhenti sebagai finalis 10 besar pada bulan mei lalu.

Fimarizki, Peraih Juara 1 Kewirausahaan Mahasiswa lomba tingkat nasional “Mengajar dengan Teknologi” Forum Komunikasi (FORKOM) Pimpinan FKIP Negeri se-Indonesia

Mahasiswa jurusan pendidikan bahasa inggris itu menceritakan pengalamannya saat mengikuti lomba kala itu, menurutnya persaingan peserta sangat seru dimulai dengan peserta yang pertama berasal dari kalimantan presentasi produknya menarik dan peserta ketiga mendapat respon yang kurang puas  dari juri.

“Saya adalah peserta dengan presentasi dengan waktu yang singkatdibanding peserta lain yang memiliki presentasi menarik dan juga ada yang mendapat respon kurang baik dari juri”, jelasnya.

Ia juga mengungkapnya bawah keberhasilannya itu seperti mimpi karena berkali mengalami ketidak beruntungan namun sekali maju lomba nasional meraih juara pertama. “Rasanya seperti mimpi meraih juara pertama tingkat nasional”, ungkapnya.

Saat ini SIPALPY sudah terjual secara online dan sudah tersedia di toko oleh-oleh daerah Salam, Magelang. (HDN)