Mahasiswa Untidar Juarai Lomba Esai Nasional New and Renewable Energy Festival 2023

Selamat dan sukses kepada Danang Wicaksono, mahasiswa S1 Teknik Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Tidar atas kemenangan yang telah diraih. Sebagai 5 Finalis Terbaik, Juara Pertama dan Best Paper pada Lomba Esai Nasional “New and Renewable Energy Festival 2023)” yang diselenggarakan oleh Unit Kegiatan Mahasiswa Society of Renewable Energy (SRE) Universitas Sumatra Utara (USU).

Danang Wicaksono, mahasiswa S1 Teknik Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Tidar
Danang Wicaksono, mahasiswa S1 Teknik Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Tidar

NRE Fest atau New and Renewable Energy Festival merupakan sebuah festival energi terbarukan yang diselenggarakan oleh Society of Renewable Energy (SRE) Universitas Sumatera Utara yang berisikan serangkaian acara mulai dari seminar nasional, kompetisi LKTI, Esai dan Poster serta pameran energi terbarukan. Pada kesempatan ini saya berkesempatan untuk mengikuti kompetisi esai yang bertemakan “Youth Participation and Adaptation Towards Sustainable New and Renewable Energy”. Proses alur seleksi mulai dari seleksi tahap 1 yaitu seleksi karya yang berasal dari berbagai macam unversitas di seluruh Indonesia yang kemudian menghasilkan 5 finalis untuk dapat mempresentasikan essay nya di depan dewan juri secara langsung. Adapun Universitas yang lolos dari 5 finalis terebut adalah Universitas Tidar, Universitas Udayana, Universitas Sebelas Maret, Universitas Sriwijaya, dan IPB University.

Melalui peramasalahan yang diangkat sebagai esai yaitu elektrifikasi dan net zero emission (NZE) di Indonesia dengan solusi yang saya tawarkan menjadikan saya pemenang peraih Juara 1 dan Best Paper dalam kompetisi kali ini. Melalui isu tersebut saya mengungkapkan pentingnya pembangunan energi yang harus dilakukan di Indonesia terutama di daerah daerah yang belum terjangkau listrik. Selain itu pembangkit energi yang ditawarkan menjadi dukungan tersendiri demi terwujudnya net zero emission (nze) dan capaian bauran energi baru terbarukan di Indonesia.

“Saya mengucapkan banyak terimakasih atas kesempatan yang telah diberikan oleh Universitas Tidar melalui HIMADIKTAR yang mampu mewadahi saya untuk terus berprestasi dan menyampaikan ide gagasan saya. Perjuangan ini menjadi sebuah bukti bahwa Universitas Tidar mampu bersaing di tingkat nasional. Melalui dua perolehan penghargaan yang diterima semoga dapat menjadikan sebuah motivasi kepada teman teman mahasiswa lain di Univeristas Tidar untuk terus berprestasi demi almamter kita tercinta.“ Ujar Danang.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *