Kembali Cetak Prestasi, Dua Mahasiswa UNTIDAR Menjadi Pemenang Lomba Essay Nasional Pesta Ilmiah Sriwijaya 2023

Lagi-lagi dua mahasiswa ini mencetak prestasi di kompetisi essay tingkat nasional. Pesta Ilmiah Sriwijaya atau PIS merupakan sebuah kompetisi keillmiahan yang diselenggarkan oleh Universitas Sriwijaya. Tema dalam kegiatan ini adalah sebagai berikut. “Gerakan Generasi Muda untuk Meningkatkan Restorasi Budaya dalam Mewujudkan Sustainable Development Goals (SDG’s) 2030”. Pada kompetisi ini Universitas Tidar meloloskan satu tim unggulannya yaitu tim Paku Bumi sebagai finalis yang terdiri dari dua mahasiswa yaitu, Novanda Yoga Astaraga dari Teknik Sipil 2021 dan Danang Wicaksono dari Teknik Elektro 2020.

Perjalanan yang sungguh luar biasa bagi tim Paku Bumi untuk mendapatkan prestasi terbaik ini. Berawal dari seleksi finalis yang terdiri dari universitas di seluruh Indonesia yang pada akhirnya dapat lolos menjadi satu tim dari 10 finalis tim lainnya yang telah diseleksi oleh juri kompeten. Perjuangan dilanjutkan dengan melakukan penilaian presentasi yang dihadiri secara langsung di Student Center Universitas Sriwijaya yang berlokasi di Palembang.

Dengan mengusung sub tema Teknologi akhirnya tim Paku Bumi dapat menjadi Juara 1 dalam kompetisi PIS tahun 2023 ini. Novanda Yoga sebagai ketua tim bersinergi bersama dengan anggota timnya yaitu Danang Wicaksono membuat sebuah gagasan energi baru terbarukan yang menjadi langkah efektif sebagai perwujudan Sustainable Development Goals atau SDGs. Poin yang ditekankan adalah pada poin ketuju yaitu Energi bersih dan terjangkau. Dimana tim ini menyatakan bahwa energi menjadi nyawa dan dasar dari segala pembangunan yang akan menguatkan pembangunan berkelanjutan lainnya di Indonesia.

Semoga dari gagasan dan inovasi dari Tim Paku Bumi dapat menjadi sebuah langkah awal generasi muda Indonesia untuk melek terhadap kebutuhan energi baru terbarukan di Indonesia. Akhir kata tim Paku Bumi menguvapkan banyak terimakasih kepada pihak Universitas Tidar dan HIMADIKTAR yang telah menjadi fasilitator terlaksananya kompetisi ini. Semoga raihan prestasi ini dapat menjadi motivasi bagi mahasiswa lainnya untuk dapat terus berprestasi dan mengharumkan nama baik Universitas Tidar dikancah Nasional maupun Internasional.

Penulis : Aditya Handayani, S.Kom.