UNTIDAR RAIH 5 PIALA PENGHARGAAN ABDIDAYA ORMAWA 2023

MAGELANG, Bidang Kemahasiswaan dan Alumni-Universitas Tidar meraih 5 piala penghargaan yang diumumkan pada Malam Puncak Penganugrahan Abidaya Ormawa 2023 di Universitas Jember, Sabtu (9/12). Penghargaan yang diraih yaitu Universitas Terbaik 3 dalam Kategori Perguruan Tinggi Tervisioner; Dosen Pembimbing Terbaik 1 Kategori Dosen Pendamping Teraktif (Novitasari, M.Pd.); Tim Pelaksana Terbaik 1 Kategori Peluang Keberlanjutan Tertinggi (Tim PPK Ormawa UKM Iqsan); Sistem Pendukung Organisasi Kemahasiswaan Terbaik 1 Kategori Ormawa Strategi Keberlanjutan Terkuat (Tim PPK Ormawa UKM Iqsan) dan Stand Expo Terbaik 3 Kategori Stand Expo Terfavorit (Tim PPK Ormawa UKM Iqsan).

Para Pemenang Abdidaya 2023

“Selamat kepada Tim Kemahasiswaan yang berhasil mendampingi Tim PPK Ormawa di Universitas Tidar, sehingga mampu meraih 5 penghargaan sekaligus. Prestasi ini semoga menjadi awal yang baik untuk PPK Ormawa kedepannya”, ujar Rektor UNTIDAR Prof. Dr. Sugiyarto, M.Si.

Abdidaya Ormawa 2023 merupakan ajang apresiasi sebagai puncak pelaksanaan Program Penguatan Kapasitas Organisasi Kemahasiswaan (PPK Ormawa) 2023 yang diselenggarakan oleh Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan, Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi RI. Tema yang diusung pada PPK Ormawa Tahun 2023 ini adalah “Penguatan Kapasitas Organisasi Kemahasiswaan dalam Menumbuhkan Semangat Kepemimpinan Berlandaskan Pancasila Demi Mewujudkan Ormawa Kuat, Desa Unggul, Indonesia Maju” yang bertujuan untuk memunculkan potensi yang dimiliki oleh Ormawa serta unsur pendukung dalam pelaksanaan PPK Ormawa dalam menyongsong masa depan yang unggul.

Sebanyak 1.200 mahasiswa yang tergabung dalam 160 tim dari 78 Perguruan Tinggi Negeri dan Perguruan Tinggi Swasta (PTN/PTS) se-Indonesia berkompetisi memamerkan seberapa berdampaknya program pengabdian dan pemberdayaan masyarakat yang dijalankan ke desa binaan melalui luaran yang inovatif dan kolaboratif.

“Tim PPK Ormawa UKM Iqsan mengusung judul Kaderisasi Musabaqah Tilawatil Quran melalui Sekolah Seni Religi Iqsan (Ilmu Alquran dan Seni Rebana). Program pengabdian ini dilaksanakan selama kurang lebih 5 bulan di Desa Sumberarum. Dukungan kuat dari pihak perangkat desa serta pengurus Madrasah Diniyah membulatkan tekad kami untuk terus menggaungkan eksistensi Seni Religi khususnya di Desa Sumberarum yang ke depannya diharapakan bisa menjadi pionir Desa Religi di Magelang”, ujar PIC PPK Ormawa UNTIDAR Alifia Revan Pranada, S.Pd., M.Eng.

Selamat kepada mahasiswa dan dosen berprestasi Universitas Tidar.

Penulis : Aditya Handayani, S.Kom.