HIMADIKTAR Raih Juara 1 GFES National Essay Competition

MAGELANG, Bidang Kemahasiswaan dan Alumni-Mahasiswa anggota HIMADIKTAR Akin Distrianingsih dan Affandi meraih Juara 1 GFES National Essay Competition yang diadakan oleh Sharia Economic Studies Centre UIN Sunan Ampel Surabaya secara online, Minggu (17/12).

GFES National Essay Competition mengusung tema Implementasi Halal Entrepreneurship Guna Meningkatkan Probabolitas Pelaksanaan Sharia Invest di Era Industry 5.0 dan diikuti oleh kalangan mahasiswa/i yang berasal dari 20 perguruan tinggi di Indonesia. Tim Universitas Tidar membuat karya aplikasi WILAJATENG: Inisiasi Pengoptimalan Wisata Halal Jawa Tengah Melalui Teknologi Digital Berbasis Smart Tourism Terintregasi Blockchain Bereksplikasi pada UMKM Guna Menyongsong Golden Moment 2045. Melihat potensi wisata halal di Jawa Tengah yang sangat mumpuni dan adanya dukungan secara penuh dari pemerintah Jawa Tengah yang disampaikan oleh Gus Yasin selaku Wakil Gubernur Provinsi Jawa Tengah akan pengembangan wisata halal. Namun, pada kenyataannya kondisi wisata halal belum terorganisir dengan baik, maka dari itu mahasiswa UNTIDAR menginisiasikan sebuah aplikasi sebagai bentuk pemanfaatan teknologi digital yang berkembang sangat pesat. Selaras dengan wisata halal, keberadaan UMKM di Jawa Tengah pun sebagian besar masih memasarkan dagangannya secara tradisional. Oleh karena itu, hadirlah Aplikasi WILAJATENG (Wisata Halal Jawa Tengah) hadir dengan berbagai macam fitur didalamnya dengan konsep smart tourism yang memudahkan pengelola wisata halal dan pelaku UMKM untuk mempromosikan usahanya. Aplikasi ini memberikan informasi kepada masyarakat mengenai destinasi wisata, penginapan, festival budaya, pusat oleh-oleh, dan fitur unggulan sebagai aplikasi yang memberikan informasi terkait lokasi tempat ibadah untuk memudahkan para wisatawan dalam melaksanakan ibadahnya. Dengan demikian aplikasi WILAJATENG ini dapat memberikan kontribusi positif dan meningkatkan perekonomian serta memberikan pekerjaan yang layak selaras dengan tujuan SDGs pilar kedelapan.

Perlombaan secara online

“Meskipun perlombaannya secara online tetapi sangat menarik dan seru. Panitia penyelenggara sangat responsif terhadap setiap pertanyaan dari peserta, timeline kegiatannya tidak ada yang molor dan dikemas rapi. Tentunya kami sangat bersyukur karena diberikan kemenangan di perlombaan ini dan kami ucapkan kepada pihak-pihak yang membantu kami selama perlombaan ini berlangsung. Semoga gagasan dari kami ini dapat bermanfaat untuk semua dan dapat membawa nama baik Universitas Tidar supaya bisa terus berprestasi baik di tingkat Nasional maupun Internasional”, ujar peserta lomba Akin Distrianingsih.

Selamat kepada mahasiswa berprestasi.

Penulis : Aditya Handayani, S.Kom.