UNTIDAR Ikuti PIMNAS Ke-36 Tahun 2023

MAGELANG, Bidang Kemahasiswaan dan Alumni-Universitas Tidar (UNTIDAR) mengikuti Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS) ke-36 tahun 2023 yang digelar mulai tanggal 26 s.d. 30 November 2023, bertempat di Universitas Padjadjaran, Kamis (30/11). Prestasi Universitas Tidar pada tahun 2023 adalah 19 Tim PKM 8 Bidang lolos pendanaan dan 2 Tim PKM Artikel Ilmiah lolos hibah insentif, sedangkan yang maju mengikuti PIMNAS 1 Tim PKM Pengabdian kepada Masyarakat dengan total dana diterima 137 juta.

“Harapannya tahun-tahun ke depan akan bertambah banyak lagi proposal PKM UNTIDAR yang lolos pendanaan dan lolos PIMNAS. Kita akan buka ruang konsultasi PKM, TOT calon dosen pembimbing PKM, melibatkan mahasiswa dalam usulan penelitian dan pengabdian dosen, dan memaksimalkan mentoring PKM dari mahasiswa yang lolos PIMNAS”, ujar Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni, Prof. Dr. Parmin, S.Pd., M.Pd.

Stand Tim PKM Pengabdian kepada Masyarakat UNTIDAR

Tim Universitas Tidar yang berhasil lolos PIMNAS yaitu 1 Tim PKM Pengabdian kepada Masyarakat dengan judul proposal “Media Literasi Pop-Up Book Berbasis Kebudayaan Nusantara Guna Meningkatkan Minat Literasi dan Kreativitas Anak di Rumah Baca Mc. Ganz Ngembik Magelang yang terdiri dari ketua tim Nidham Khaerizakia, anggota Dedek Arya Pangestu, Ij’al Li Lisana Shidqi, Khoffifatul Munawaroh, dan Wahyu Karunia, dan dosen pembimbing Novitasari, M.Pd.

Sesi Presentasi PIMNAS Tahun 2023

Kegiatan PIMNAS merupakan rangkaian dari tahapan evaluasi proposal Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) dan Penilaian Kemajuan Pelaksanaan PKM (PKP2) tahun 2023 secara daring yang diselenggarakan Balai Pengembangan Talenta Indonesia (BPTI), Pusat Prestasi Nasional, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi. Digelar sebagai ajang untuk meningkatkan kreativitas mahasiswa dalam pengembangan IPTEKS serta meningkatkan kompetensi mahasiswa dalam menyampaikan karya intelektualnya. PIMNAS dalam penyelenggaraannya diikuti sebanyak 525 kelompok Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) dari 106 perguruan tinggi di Indonesia. Ada sebanyak 2.411 peserta dan 77 juri yang terlibat dalam kegiatan kali ini. Universitas Gadjah Mada sukses menjadi Juara Umum PIMNAS Tahun 2023.

Semangat Tim PKM UNTIDAR, semoga tahun depan mendapatkan hasil yang lebih baik.

Penulis : Aditya Handayani, S.Kom.