UNTIDAR Gelar Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru Tahun 2023

PKKMB UNTIDAR mengusung tema “Kagendra Arsa, Terbang Tinggi Meraih Asa” dilaksanakan selama 3 hari yaitu tanggal 7,8 dan 12 Agustus 2023. Pada tanggal 7 dan 8 Agustus 2023 rangkaian acara dilaksanakan di Kampus UNTIDAR sedangkan untuk tanggal 12 Agustus 2023 kegiatan dilaksanakan di Lapangan Sekolah Calon Bintara (SECABA) Magelang.

PKKMB UNTIDAR 2023 ini diikuti oleh 3.569 mahasiswa. Jumlah ini terdiri dari 654 mahasiswa jalur SNBP, 1.623 mahasiswa jalur SNBT dan 1.292 mahasiswa jalur Mandiri.

Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) Tahun 2023 dibuka dengan Pelaksanaan Sidang Senat Terbuka, Senin (07/08) di Gedung Dr. H. R. Suparsono, Kampus Tuguran, Universitas Tidar.

“Mahasiswa UNTIDAR mari tersenyum dan tepuk tangan di hari bahagia ini. Hari dimana kalian resmi menyandang status mahasiswa. Jangan lupa ucap syukur kepada Allah SWT dan juga orang tua yang telah menghantarkan kalian pada jenjang perguruan tinggi,” ucap Rektor UNTIDAR, Prof. Dr. Sugiyarto, M.Si.

Mahasiswa UNTIDAR dihimbau untuk segera berubah, meninggalkan kebiasaan saat SD, SMP dan SMA menjadi kebiasaan baru di masa kuliah. Seorang mahasiswa harus berjuang dalam proses menuju kemandirian. Beliau juga menambahkan Mahasiswa harus mampu mengenail diri, evaluasi dan mengembangkan diri. Bagi mahasiswa UNTIDAR mari kembangkan karakter TIDAR yaitu T (Tangguh), I (Integratif), D (Dedikatif) , A (Aktif) dan R (Responsif).

Rektor menyematkan topi dan jas almamater pada perwakilan mahasiswa yaitu Adnan Dwi Kurniawan dari S1 Teknologi Informasi, Fakultas Teknik dan Innosentya Kunthi Accarya Janis Satria Putri dari S1 Ilmu Komunikasi, Fisipol sebagai simbol telah resmi seluruh peserta PKKMB menjadi mahasiswa UNTIDAR.

Selanjutnya bersama-sama mahasiswa mengucapkan Janji Mahasiswa yang dipandu oleh Miftahul Faizin dari S1 Pendidikan IPA, FKIP.

PKKMB dihadiri sejumlah narasumber yaitu Walikota Magelang; KH. Muhammad Yusuf Chudlori (Gus Yusuf) pengasuh Asrama Perguruan Islam (API) Pondok Pesantren Salaf Tegalrejo, Magelang; Dr. Ir. Hedi M. Idris, M.Sc (Kepala Pusat Penelitian Dan Pengembangan Sumber Daya, Perangkat Dan Penyelenggaraan Pos Dan Informatika) KOMINFO; Kapolres Kota Magelang, dan Brigadir Jenderal TNI Muhammad Zulkifli, S.I.P., M.M. (Widyaiswara AKMIL).

Para narasumber ini memaparkan terkait penguatan karakter mahasiswa, tantangan perguruan tinggi dalam era 4.0 dan 5.0, kehidupan berbangsa, bernegara, dan bela negara, serta pencegahan dan pengendalian kekerasan dan permasalahan remaja.

Disela-sela acara Mahasiswa baru UNTIDAR juga dihibur penampilan dari UKM PSM GST dan Bengkel Seni UNTIDAR.

Hari kedua PKKMB dilaksanakan Selasa (08/08) di Gedung Dr. H. R. Suparsono, Kampus Tuguran, Universitas Tidar. Berisi penyampaian materi oleh beberapa narasumber yaitu  Prof. Dr. Ir. Suyitno, M.Sc., IPM; Muhammad Azil Maskur S.H., M.H, dan Prof. Dr. Parmin, S.Pd., M.Pd.

Para narasumber ini memaparkan terkait sistem pendidikan tinggi di Indonesia, alur pelayanan Unit Layanan Bimbingan Konseling (ULBK) UNTIDAR, strategi memperoleh prestasi mahasiswa, dan sekilas pengenalan ORMAWA, UKM, dan BSO UNTIDAR.

Hari ketiga PKKMB dilaksanakan Sabtu (12/08) di Lapangan Sekolah Calon Bintara (SECABA) Magelang. Pada hari ini mahasiswa baru melakukan paper mob dan melihat expo ORMAWA, UKM, dan BSO. Para anggota ORMAWA, UKM, dan BSO mengenalkan kegiatan dan sekilas program kerja mereka kepada para mahasiswa baru dan mereka diminta mengumpulkan sejumlah stempel ORMAWA, UKM, dan BSO sebagai bukti mereka telah mengunjungi stand tersebut.

Penulis : Eny dan Dwi Kusuma Astuti

Editor : Aditya Handayani, S.Kom.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *