UNTIDAR Gelar Seminar Nasional Pemberdayaan Desa Oleh Ormawa

Guna meningkatkan kinerja perguruan tinggi dalam memperkuat kapasitas organisasi kemahasiswaan (ormawa), UNTIDAR menggelar Seminar Nasional Pemberdayaan Desa Oleh Ormawa, Jumat (29/9/2023) bertempat di Gedung dr.H.R.Suparsono UNTIDAR.

Kegiatan seminar ini akan dilaksanakan secara luring dengan menghadirkan narasumber yang kompeten dibidangnya, antara lain Dr. Ir. Sri Suning Kusumawardani (Direktur Pembelajaran dan Kemahasiswaan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayan, Riset dan Teknologi), Prof. Dr. Parmin, S.Pd., M.Pd. (Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni Universitas Tidar), dan Prof. Dr. uyu Wahyudin, M.Pd. (Dosen Universitas Pendidikan Indonesia).

Semnas ini diikuti oleh 12 Universitas yang berasal dari 6 Provinsi di Indonesia. Berikut rincian peserta:

  1. Univ IT Telkom Purwokerto
  2. UAD
  3. Univ Cokro Aminoto Palopo
  4. UDINUS
  5. Univ Jember
  6. Univ Maarif NU Kebumen
  7. Univ Mercubuana Yogyakarta
  8. Univ Muara Kudus
  9. Univ Negeri Surabaya
  10. Univ Telkom Bandung
  11. Universitas Udayana
  12. Universitas Tidar

Dalam sambutannya Prof. Dr. Sugiyarto, M.Si. (Rektor UNTIDAR) mengatakan, sebanyak 12 kelompok PPK Ormawa UNTIDAR lolos pendanaan Belmawa. Semoga dengan adanya Seminar Nasional Pemberdayaan Desa oleh ORMAWA dapat memberikan edukasi positif bagi Ormawa untuk bisa berdaya guna bagi masyarakat dan sebagai ajang silaturahmi antar ORMAWA agar terjalin hubungan erat satu sama lain ke depannya.

Prof. Dr. Uyu Wahyudin, M.Pd. dalam pemaparan Materi Inovasi Model-model Pemberdayaan Masyarakat Desa oleh Ormawa memberika beberapa contoh implementasi model program ormawa: desa wirausaha, smart farming, sekolah Perempuan, desa digital, desa cerdas, dan kampung iklim. Program ini perlu diperhatikan berapa persen dampaknya pada pengembangan SDGs.

Kemudian materi selanjutnya Gambaran Umum Abdidaya Ormawa oleh Prof. Dr. Ir. Sri Suning Kusumawardani, S.T., M.T., menjelaskan bahwa PPK Ormawa perlu mempersiapkan diri agar dapat lolos kegiatan abdidaya.

Prof. Dr. Parmin, S.Pd., M.Pd. yang memaparkan Support System Perguruan Tinggi untuk PPK Ormawa yang Berkualitas, menjelaskan Ormawa telah memiliki program pengabdian kepada Masyarakat, bahkan sampai desa binaan, sehingga modal ini dapat dijadikan sebagai dasar penyusunan proposal.

Selanjutnya kegiatan diisi oleh diskusi, dalam diskusi ini terlihat banyak mahasiwa yang mengajukan pertanyaan. Acara ditutup dengan pengumuman best papper.

Penulis : Aditya Handayani, S.Kom.