GenBI UNTIDAR Selenggarakan GenBI Goes To School

MAGELANGBidang Kemahasiswaan dan Alumni-GenBI UNTIDAR menyelenggarakan acara GenBI Goes To School dengan tema Mengenal Rupiah Lebih Dekat Bersama GenBI di SMAN 2 Kota Magelang, Senin (4/12).

Penyampaian Materi

Materi pertama CBPR (Cinta, Bangga, Paham Rupiah). Langkah – langkah untuk “Cinta Rupiah” diantaranya, Kenali rupiah; Manjaga uang rupiah; dan Merawat uang rupiah. Apabila menemui adanya uang rupiah palsu maka dapat melaporkan ke contact person Bank Indonesia di daerah masing – masing. Langkah – langkah “Bangga Rupiah” diantaranya, Rupiah sebagai simbol kedaulatan; Rupiah sebagai alat pembayaran; dan Rupiah sebagai alat pemersatu bangsa. Langkah – langkah “Paham Rupiah” diantaranya, Transaksi dengan Rupiah; Berbelanja dengan Rupiah; dan Berhemat.

Materi kedua QRIS (Quick Response Code Indonesian Standard). QRIS adalah QR code yang distandarisasi dari Bank Indonesia. Keuntungan QRIS membuat pembayaran lebih efektif, adanya riwayat transaksi yang bisa diperiksa, dan menghindari tidak adanya uang kembalian. QRIS dapat berasal dari semua bank baik bank bank umum maupun bank bank digital melalui mobile banking.

Materi ketiga mengenai Sosialisasi Beasiswa Bank Indonesia. Beasiswa Bank Indonesia adalah beasiswa yang diperuntukan bagi mahasiswa program sarjana dan diploma. Batas bisa mendaftar Beasiswa Bank Indonesia setelah menempuh minimal 40 sks atau kurang lebih berada di semester 3. Tujuan beasiswa Bank Indonesia diantaranya meningkatkan angka partisipasi pendidikan tinggi, indeks pembangunan manusia dan daya saing Indonesia. Program studi yang diprioritaskan yaitu ilmu ekonomi, studi pembangunan, akuntansi, manajemen, ekonomi islam, perbankan, matematika, statistika, ilmu komputer, teknogi informasi, teknik industri, dan informatika. Beasiswa Bank Indonesia tidak semua kampus menyediakan beasiswa BI tetapi hanya perguruan tinggi yang sudah bekerja sama dengan Bank Indonesia salah satunya Universitas Tidar. Tahapannya ada Seleksi Administrasi dan Seleksi Wawancara. Setelah dinyatakan sebagai penerima Beasiswa Bank Indonesia maka mahasiswa yang bersangkutan akan otomatis tergabung ke dalam komunitas GenBI (Generasi Baru Indonesia). Setelah pemaparan materi ketiga selesai selanjutnya dilanjutkan dengan sesi diskusi.

“Alhamdulillah guru dan siswa sangat antusias dengan materi yang kami sampaikan. Pada sesi diskusi banyak siswa yang bertanya itu menunjukkan mereka mendengarkan dan memperhatikan apa yang kami sampaikan. Harapannya semoga kami dapat mengedukasi masyarakat dengan cakupan audiens yang lebih luas lagi kedepannya”, ujar Ketua GenBI UNTIDAR Rizqi Amalia Suwandi.

Penulis : Aditya Handayani, S.Kom.